improvement-summary-personal-development-workflow.jpg
Konsep Mengenali Diri Sebelum Menentukan Karir
Friday, October 14, 2022

“MinGo, bingung, nih… Aku hampir lulus S1 tapi masih bingung mau kerja di bidang apa soalnya banyak banget pekerjaan yang aku suka. Apalagi pekerjaan sekarang kan makin beragam. Ada saran cara nentuin pekerjaan yang cocok sama diri sendiri nggak, Min?"

Hi SobatGo, Wah, pertanyaannya menarik banget! Betul sekali, SobatGo, saat ini jenis pekerjaan semakin bertambah karena adanya transformasi digital. Sebagai contoh, bidang sumber daya manusia saat ini sudah dibagi menjadi berbagai macam spesialisasi, yang paling terbaru adalah Human Resource Business Partner (HRBP).

Baca juga: Software Engineer Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Kini dan Mendatang

Kadang kita bingung harus berkarir sebagai apa dengan banyaknya kesempatan. Di sisi lain kita juga berebut dengan jobseeker lain. Biasanya, kebingungan ini terjadi karena kita belum mengenal diri kita lebih jauh. Proses mengenal diri sendiri memang nggak mudah, SobatGo. Kita butuh waktu untuk mengamati, mencoba, dan bereksplorasi.

Sederhananya ada dua cara untuk mengenal diri sendiri: bisa dilakukan dengan menggali informasi soal diri sendiri, misalkan pengalaman atau preferensi masa depan; dan menggali informasi mengenai lingkungan sekitar, misalkan kebutuhan pasar tenaga kerja.

Nah, di sini MinGo, akan merangkum beberapa cara untuk mengenal diri agar bisa menemukan posisi pekerjaan yang tepat bagi diri kita. Yuk kita cek!

  1. What You Can Do: Ingat-ingat apa yang sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir

SobatGo, coba ingat kembali dalam beberapa tahun ini, ada kegiatan apa saja yang sudah SobatGo kerjakan hingga selesai dan menghasilkan suatu pencapaian bagi diri sendiri. Pencapaian ini tidak harus berwujud uang, kemenangan, atau material lain. Asalkan pencapaian ini membuatmu mengalami sebuah proses, memperlihatkan adanya perubahan positif, dan adanya peningkatan kemampuan dalam diri.

SobatGo bisa membuat daftar soft skill atau hard skill yang sudah dikembangkan selama ini, misalnya kemampuan berbahasa asing, menulis kreatif, leadership, negosiasi, komunikasi interpersonal.

Butuh latihan interview? Kerjago hadir dengan Mock Interview

  1. What You Love To Do: Cari tahu kegiatan apa yang SobatGo suka

Pastinya banyak kegiatan yang SobatGo lakukan kembali bahkan menjadi kebiasaan karena merasa suka dengan kegiatan itu. Dalam konteks pekerjaan, hal ini juga tetap berlaku, lho.

Cari tahu sebanyak mungkin hal-hal yang SobatGo suka dan berpotensi mendukung karir di masa depan. Misalnya, SobatGo suka menulis, suka mempelajari teknologi, suka mengajak teman mencoba fitur dan mengulas review-nya. Dari kesukaan-kesukaan ini, bisa diprediksi kira-kira arah pekerjaan yang cocok ternyata adalah digital marketing, content writer, reviewer, hingga influencer.

  1. What The World Need: Analisis kondisi pasar kerja dan kemampuan yang dibutuhkan

Penting untuk tahu kondisi bursa kerja saat ini, mulai dari perusahaan-perusahaan, posisi pekerjaan, job description, job requirement yang dibutuhkan, hingga culture perusahaan. Di tahap ini, fokuslah untuk mencari tahu berbagai macam jenis pekerjaan yang ada di dunia. Carilah kecocokan antara kemampuan yang telah dimiliki, aktivitas kerja yang disuka, dengan role pekerjaan yang ada di dunia.

Setidaknya SobatGo menjadi tahu ada berbagai role pekerjaan yang bisa dieksplor, tetapi tetap sesuai dengan passion. Karena ketika kita melakukan hal yang memang kita mampu dan suka, akan lebih mudah dijalani. Jika SobatGo sudah menemukan perusahaan impian, maka langsunglah mencari tahu seluk-beluk dari role pekerjaan yang cocok.

  1. What You Can Be Paid For: Tentukan apa yang bisa kamu tawarkan agar dapat dibayar

Memang tidak semua orang berhasil hanya dengan passion. Bekerja tujuannya adalah menghasilkan pendapatan. Karena itu, dari semua kemampuan, kesukaan, dan kecocokan dalam sebuah pekerjaan, tentukan kembali titik utama dari potensi SobatGo yang bisa ditawarkan kepada perusahaan.

Sebagai contoh, SobatGo memiliki kemampuan menulis, menyukai dunia teknologi, dan ingin mengeksplor dunia marketing, maka SobatGo bisa menawarkan ketiga hal tersebut ke perusahaan yang membuka lowongan digital marketing atau pemasaran. Tawarkan pengalaman SobatGo sebelumnya yang relate dengan pemasaran dan keinginan untuk belajar lebih jauh. Perkuat juga alasan mengapa pengalaman yang dimiliki bisa membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Baca juga: Tips Membuat CV Agar Lolos Screening HRD

Pada poin terakhir ini, bisa dimanifestasikan dalam bentuk CV dan portofolio. Caranya bagaimana? Tunggu konten Kerjago selanjutnya!

Nah, empat poin di atas sebenarnya adalah perwujudan dari Ikigai. Sebuah konsep untuk mengenali dan memposisikan diri dalam dunia. Kira-kira sampai sejauh ini, SobatGo sudah kebayang mau berkarir di bidang atau perusahaan apa?

Tetap terhubung sama Kerjago, yuk! Karena Kerjago akan tetap ada di sini, membantu kamu lebih siap cari kerja!

Logo Kerjago

Kerjago adalah sebuah platform yang dikembangkan untuk membantu pengguna dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja.

Blog & Artikel

GmailWhatsappInstagramInstagramInstagramInstagram

© 2023 Kerjago All rights reserved.