asia-businesswoman-using-laptop-tablet-presentation-colleagues-about-plan-video-call-while-working-from-home-living-room-self-isolation-social-distancing-quarantine-coronavirus.jpg
Poin-Poin Penting Dalam Script Video Resume
Monday, November 7, 2022

Halo Sobat Kerjago, kali ini kita akan berbagi tips nih untuk cara mudah membuat video resume. Karena biasanya pada waktu kita apply pekerjaan di suatu perusahaan, mereka meminta kita untuk membuat video resume sebagai salah satu tahapan rekrutmennya. Nah, poin apa saja sih yang penting buat dimasukkan ke video yang akan kita susun?

Pertama-tama kita harus menyiapkan 2 macam Kertas, kamu bebas menggunakan kertas apa saja, tapi disini kita saranin buat pake kertas HVS sama Folio biar lebih mudah. Loh emang buat apa?

Oke kita jelasin untuk HVS dulu ya!

Di kertas HVS tuliskan aspek apa saja yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. Misalnya :

  1. Prestasi

Kamu bisa menuliskan berbagai pencapaian semasa sekolah atau kuliah. Saran kita sih coba cari prestasi yang terbaru dan sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Contohnya, seperti pengalaman dalam berorganisasi, menang perlombaan, mendapat sertifikat kejuaraan, wirausaha, dan yang lainnya.

  1. Karakter

Tuliskan semua hal yang paling menggambarkan diri kamu. Misal cantik, ceria, pendiam, pemalu, tanggung jawab, disiplin waktu, dan masih banyak lagi. Kalau kamu bingung, kamu bisa tanya ke teman-teman kamu kok! Biasanya orang lain lebih bisa menilai diri kita.

  1. Profile

Profile berisi data diri atau biodata kamu, seperti riwayat pendidikan, riwayat bekerja, alamat domisili dan yang lainnya. Ingat! Jangan terlalu detail yaa, ygga (yang general general aja)!

  1. Hobi

Tuliskan kegiatan yang suka kamu lakukan di saat free time, misalnya nyanyi, dengerin musik, ngedrakor, nonton anime, nge-gym, eksplor dengan belajar hal baru, dan lain-lain.

  1. Harapan

Tuliskan mimpi dan harapanmu ke depan mau gimana? Target apa yang ingin dicapai, tulis semuanya, ok!

Udah kamu isi lengkap?

Nah sekarang balik kertas HVSnya, tentukan nickname. Kamu itu pengen dikenal dengan nama apa? Ini untuk menentukan branding-mu nanti.

Kalo udah sekarang kamu pilih satu prestasi yang oke buat di-share ke orang lain, tiga karaktermu yang paling menonjol, dua profile yang paling menggambarkan dirimu, dan dua hobi. Lalu, ilustrasikan semua hal itu ke dalam kertas HVS.

Sekarang kita move ke kertas folio, tuangkan ilustrasi tersebut ke dalam folio dalam bentuk story telling. Sertakan juga harapan-harapanmu kedepannya.

Yeay, script video resume kita sudah jadi. Dengan itu semua, kita udah bisa ngomong lancar di depan kamera untuk bikin video resume deh.

Semoga bermanfaat, see you in the next article!

Sumber:

  • twitter @savorycho
  • <a href="https://www.freepik.com/free-photo/asia-businesswoman-using-laptop-tablet-presentation-colleagues-about-plan-video-call-while-working-from-home-living-room-self-isolation-social-distancing-quarantine-coronavirus_10075827.htm#query=video%20presentation&position=17&from_view=search&track=sph">Image by tirachardz</a> on Freepik

Yuk cobain fitur Mock Interview bareng HR kece di Kerjago

Logo Kerjago

Kerjago adalah sebuah platform yang dikembangkan untuk membantu pengguna dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja.

Blog & Artikel

GmailWhatsappInstagramInstagramInstagramInstagram

Β© 2023 Kerjago All rights reserved.