CPNS 2024 Udah Dibuka, Gimana Cara Daftarnya?
Saturday, March 9, 2024

Halo SobatGo! Kabar gembira untuk kita semuaa~ CPNS 2024 bakal segera dibuka loh. Yuk, intip cara daftarnya!

Berita ini resmi loh dikeluarkan oleh presiden kita. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah akan membuka seleksi bagi 2,3 juta formasi calon aparatur sipil negara (CASN) lewat CPNS 2024 pada tahun ini.

"Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan," kata Jokowi dikutip Senin (12/2/2024).

Untuk itu, nih MinGo kasih tips-nya deh. Disimak ya, SobatGo!

Gimana sih Cara Daftarnya?

  1. Buat Akun Kamu Terlebih Dahulu! Kunjungi situs SSCASN . Kemudian, lakukan pendaftaran untuk membuat akun dengan cara mengisi informasi secara lengkap seperti alamat email, nomor HP, NK, dan nomor KK. Pastikan data telah terisi dengan benar, kemudian klik 'Lanjutkan'. Selanjutnya, klik 'Proses Pendaftaran Akun'. Tunggu hingga muncul konfirmasi informasi.

  2. Klik Login Login ke akun SSCASN yang telah terdaftar sebelumnya. Kamu bisa lengkapi rincian data pribadi dan unggah foto. Periksa kembali informasi yang telah disampaikan dan klik 'Selanjutnya'.

  3. Pilih Formasi Setalah login, lakukan pemilihan jenis seleksi, yakni 'CPNS'. Pilih formasi berdasarkan lulusan atau tingkat pendidikan yang terbuka.

  4. Unggah Dokumen Setalah menyelesaikan proses di atas, laman SSCASN akan meminta pelamar untuk mengunggah beberapa dokumen yang diperlukan. Pastikan dokumen memiliki ukuran dan format yang sesuai dengan ketentuan.

  5. Jangan Lupa Cetak Kartu Pendaftaran Periksa ringkasan data dan selesaikan proses pendaftaran. Cetak kartu informasi akun dan pendaftaran.

Udah deh selesai proses pendaftaran mu!

Ada Syaratnya Ngga sih???

Ada donggg... PANRB telah secara resmi mengeluarkan aturan khusus mengenai persyaratan tersebut melalui Peraturan MenPANRB Nomor 27 Tahun 2021 mengenai Pengadaan Pegawai Negeri Sipil. Berikut adalah beberapa persyaratannya:

  • Terdaftar menjadi Warga Negara Indonesia
  • Usia 18-35 tahun
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak pernah dihukum penjara
  • Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari pekerjaan sebelumnya
  • Tidak berstatus sebagai CPNS, PNS, TNI, atau jabatan sejenisnya
  • Mempunyai kualifikasi pendidikan sesuai dengan formasi yang dibuka
  • Bukan seorang anggota atau pengurus partai politik
  • Siap bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan ketentuan instansi yang berlaku

Nah, demikian hal penting seputar CPNS dari Kerjago. Semoga bisa membantu kamu yaa. Selamat Mencoba!!!

Logo Kerjago

Kerjago adalah sebuah platform yang dikembangkan untuk membantu pengguna dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja.

Blog & Artikel

GmailWhatsappInstagramInstagramInstagramInstagram

Β© 2023 Kerjago All rights reserved.