Tips Membuat CV Agar Lolos Screening HRD.jpeg
Tips Membuat CV Agar Lolos Screening HRD
Tuesday, July 26, 2022

Halo SobatGo!

Selamat datang di blog Kerjago. Semoga kamu mendapatkan ilmu dan wawasan baru terkait dunia kerja di blog ini.

Bekerja pada bidang yang diinginkan serta berada pada perusahaan yang besar merupakan impian hampir semua orang. Ada perasaan bangga tersendiri ketika akhirnya bisa lolos jadi karyawan di perusahaan yang sudah memiliki nama, mendapatkan gaji, dan tunjangan yang sesuai ekspektasi.

Tapi, sebelum itu ada proses rekrutmen yang nggak bisa dibilang mudah, lho! Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan saat apply pekerjaan. Yuk, simak poin-poinnya!

1. Jenis CV

Ada dua jenis CV yang saat ini selalu diperhatikan para rekruter, nih. Buat kalian yang ingin terjun di dunia kreatif, seperti UI/UX Design, Content Creative, Animator, dan lainnya, usahakan pakai jenis CV Kreatif, ya.

Sedangkan yang ingin mendaftar ke dunia kerja non kreatif seperti IT, Human Resources, Finance, dan lainnya, bisa menggunakan CV Formal (ATS).

Tapi, sebenarnya hal ini nggak 100% cocok di semua pekerjaan dan perusahaan kok. Bisa dilihat dari besar, bidang, dan aspek lain dari perusahaan. Karena itu, sebelum melamar pekerjaan, pastikan terlebih dahulu kamu mengenal perusahaan tersebut, SobatGo.

Kepo dengan bedanya CV Kreatif dan Formal? Tunggu konten dari MinGo lagi.

2. Mencari Informasi Posisi yang dilamar

SobatGo, saat kamu melihat lowongan pekerjaan, pasti ada istilah Job Requirement (kualifikasi) dan Job Description. Pastikan kamu membaca dengan teliti kedua hal ini dan mencatat poin-poin pentingnya, karena ternyata kedua hal ini bisa kamu gunakan untuk menyorot pengalamanmu dan mengoptimalkan CV.

Catatlah kata kunci terkait keterampilan paling penting dari Job Requirement dan Job Description. Lalu pilihlah keterampilan yang benar-benar kamu kuasai dan sertakan dalam CV SobatGo.

Misalnya, dalam sebuah lowongan pekerjaan Designer, kandidat harus memiliki keterampilan desain menggunakan figma, corel, canva, adobe, dan lainnya.

Tengok lagi ke pengalam SobatGo, manakah dari tools desain di atas yang sudah SobatGo kuasai? Lalu cantumkan dalam CV.

3. Satu CV hanya untuk satu posisi

Loh kenapa satu CV hanya untuk satu posisi? Karena SobatGo harus menyesuaikan CV dengan Job Requirement dan Job Description pada lowongan dibuka. Namun, biasanya jenis pekerjaan yang sama dari perusahaan yang berbeda memiliki deskripsi yang hampir sama. Seperti deskripsi terkait skills yang dibutuhkan.

Nah, itu adalah beberapa hal yang harus SobatGo siapkan sebelum melamar kerja. Sudah ada gambaran mau menyusun CV yang seperti apa? Atau ragu dengan CV yang sudah disusun?

Tenang, Kerjago punya solusinya untuk bantu mereview CV yang sudah kamu susun. Yuk cobain fitur CV Review by Kerjago di sini.

Source:

Ekrut.com. (2021).Β 7 Tips membuat CV ATS friendly agar lolos screening HRD. [online] Available at: https://www.ekrut.com/media/cv-ats-friendly [Accessed 24 Jul. 2022].

Logo Kerjago

Kerjago adalah sebuah platform yang dikembangkan untuk membantu pengguna dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja.

Blog & Artikel

GmailWhatsappInstagramInstagramInstagramInstagram

Β© 2023 Kerjago All rights reserved.