Software Engineer Pekerjaan yang Menjanjikan Di Masa Kini dan Mendatang.jpeg
Software Engineer Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Kini dan Mendatang
Tuesday, July 26, 2022

SobatGo, kalian pernah nonton drama Korea Start-Up? Drama yang menceritakan soal jungkir balik start-up dari nol, inkubasi, sampai akhirnya dapat investasi besar. Ternyata keren juga, ya jadi seorang ahli IT atau bekerja di bidang IT.

Kali ini MinGo bakal jelasin dikit kenapa sih profesi Software Engineer itu menjanjikan.

Mulai dari….

Apa Itu Software Engineer?

Sofware Engineer adalah salah satu profesi di bidang teknologi informasi yang bertanggung jawab terhadap aplikasi atau website dari suatu perusahaan atau pemilik software tersebut. Engineer ini meng-handle design sistem suatu aplikasi, implementasi (koding), spesifikasi aplikasi atau website dan masih banyak lainnya.

Software Engineer biasanya terbagi menjadi beberapa role:

  • Backend Engineer
  • Frontend Engineer
  • Fullstack Engineer (Backend dan Frontend)

Apabila dilihat dari Bureau of Labor Statistics, Sofware Engineer sedang sangat dibutuhkan, lho. Demand  perusahaan untuk ahli software engineering  diperkirakan akan tumbuh sebesar 22% dari tahun 2019-2029.

Selain itu, karena pandemi COVID-19 banyak pekerjaan sofware engineer yang menjadi *Hybrid *atau *Work From Anywhere *. Selain itu, karena pendapatan yang didapatkan juga sangat menjanjikan dengan kisaran *software engineer (junior) *Rp4,3 – 14,6 juta dan software engineer (senior) Rp20 – 41 juta.

Tapi Kok Bisa Software Engineer Sangat dibutuhkan?

Jadi gini, MinGo spill ya. Informasi ini MinGo dapetin dari Internal Tim Kerjago, dimana beberapa orang pernah bekerja atau magang di startup seperti Tokopedia, Tiket.com, Telkom Indonesia, dsb.

Dalam sebuah tim developer, biasanya terdapat beberapa anggota untuk dapat menjalankan tim:

  1. Product Manager (1-2 Orang)
  2. Product Design (3-4 Orang)
  3. Software Engineer (6-20 Orang)

Bahkan di tahun 2022 dilihat dari LinkedIn start-up ternama, seperti Tokopedia, Traveloka, Gojek, Tiket.com, Shopee, Sirclo, banyak sekali lowongan yang dibuka untuk role Software Engineer.

Lowongan Software Engineer

Terus gimana caranya jadi software engineer?

Sebenarnya ada banyak cara. Namun, ada basic skills yang harus dikuasai dulu nih. Menurut MinGo, yaitu logika matematika serta algoritma dalam bahasa pemrograman yang bisa dipelajari disini:

  1. https://kotakode.com/
  2. https://www.w3schools.com/

Nah, sudah coba pelajari resource yang di atas? Nih, MinGo spill berapa cara menjadi software engineer yang diantara lain

  1. Kuliah di jurusan IT
  2. Mengambil bootcamp software engineer (Sanbercode, Buildwithangga, Dicoding, Udemy, dsb)
  3. Belajar mandiri melalui youtube dengan keyword tutorial software engineer, backend engineer, frontend engineer
  4. Belajar mandiri melalui youtube dengan keyword algoritma sederhana untuk pemula

Gimana? Sudah lebih siap cari kerja? Tunggu konten dari MinGo lainnya untuk bantu kamu mengembangkan diri!

Ikuti kami di:

Source:

Thinkful (2020). Software Engineering Career Path | Thinkful. [online] Thinkful. Available at: https://www.thinkful.com/blog/software-engineer-career-path/#:~:text=Job%20Outlook%20for%20Software%20Engineers,and%20has%20growing%20tech%20needs. [Accessed 24 Jul. 2022].

Hidayati, K.F. (2021). Benarkah Software Developer Digaji Tinggi? Ini Faktanya! [online] Glints Blog. Available at: https://glints.com/id/lowongan/gaji-software-developer/#.YtzjzOxBy3I [Accessed 24 Jul. 2022].

Logo Kerjago

Kerjago adalah sebuah platform yang dikembangkan untuk membantu pengguna dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja.

Blog & Artikel

GmailWhatsappInstagramInstagramInstagramInstagram

© 2023 Kerjago All rights reserved.