document-marketing-strategy-business-concept.jpg
Begini Tahap Rekrutmen Intern atau Magang Yang Harus Jobseeker Siapkan
Friday, October 14, 2022

Sebagai freshgraduate atau mahasiswa tingkat akhir biasanya mulai memikirkan pekerjaan di masa depan. Tapi, tidak semua orang sudah punya bekal pengalaman kerja. Hmm, mau mencari kerja, tapi harus sudah ada pengalaman kerja? Gimana tuh...

Eits, nggak perlu panik, SobatGo. Karena kehidupan kampus dan dunia kerja tidak sama, magang bisa menjadi tempat yang tepat buatmu memulai karir. Meskipun kamu seorang freshgraduate, tidak masalah untuk memulai dari nol.

Melalui magang, kamu bisa mendapat kesempatan untuk belajar, meningkatkan kemampuan, menambah koneksi, dan mendapat pengalaman bekerja sekaligus di sebuah perusahaan selama beberapa waktu tertentu.

Biasanya sebelum memasuki program magang terdapat beberapa tahapan yang harus dipenuhi. SobatGo sudah tahu belum apa saja tahap rekrutmen magang? Yuk simak informasi di bawah ini.

Baca juga: Tips Membuat CV Agar Lolos Screening HRD

1. Seleksi Administrasi

Biasanya ada dua jenis magang yang tersedia bagi mahasiswa atau freshgrad. Yang pertama, magang untuk memenuhi SKS. Magang ini membutuhkan bantuan kerjasama antara kampus dan perusahaan. Sehingga ada sistem administrasi tersendiri yang harus SobatGo siapkan. Kamu bisa bertanya ke bagian Akademik atau Kemahasiswaan. Yang kedua, magang mandiri. SobatGo bisa langsung melamar melalui web karir atau iklan lowongan kerja yang perusahaan sebar.

Dalam prosesnya, SobatGo membutuhkan beberapa administrasi umum, seperti CV, portofolio, hingga studi kasus.

Pastikan kamu sudah membaca persyaratan magang dengan jelas agar dapat memaksimalkan CV yang akan kamu kirim. Ingat, semakin sesuai pengalaman yang kamu cantumkan di CV kamu dengan kebutuhan perusahaan, semakin kamu dapat menjadi kandidiat kuat. Nantinya, CV yang kamu kirim akan di-screening oleh tim rekrutmen dan dibandingkan dengan CV pelamar lain.

Pastikan semua berkas yang diminta kamu kirimkan kepada tim rekrutmen. Kamu tidak perlu menambah berkas jika memang tidak diminta, seperti ijazah, KTP, atau transkrip.

Baca juga: CV Review by Kerjago

2. Tes Teknikal

Pada dasarnya setiap pekerjaan membutuhkan kemampuan teknikal. Oleh karena itu, setiap pekerjaan memiliki jenis soal atau tes yang berbeda-beda.

Jika kamu melamar sebagai software engineer, kamu akan diminta mengerjakan tes yang mirip dengan HackerRank. Berbeda jika kamu melamar untuk posisi Human Resource, kamu kemungkinan akan mendapat soal untuk menganalisis suatu database dalam excel. Lain halnya jika kamu melamar pekerjaan di bidang media sosial, kamu mungkin mendapat tugas untuk membuat suatu copy.

3. Tahapan Psikotest

Tidak semua perusahaan menerapkan tahap ini untuk posisi pemagang atau intern. Namun, tidak menutup kemungkinan tahapan ini juga harus dilewati oleh calon pemagang.

Tujuan dilakukan psikotest adalah untuk mengetahui potensi pelamar, mengenali kepribadian, memprediksi performa kerja pelamar untuk ke depannya, serta kecocokan pelamar dalam lingkungan kerja yang sudah ada. Beberapa jenis psikotes yang biasanya muncul adalah DISC, MBTI, Big Five Personalities, dan PAPI.

4. Tahapan Interview

Langkah selanjutnya jika lolos psikotest adalah melakukan interview atau wawancara dengan HRD. Interview magang jauh lebih sederhana dibanding interview karyawan tetap. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan saat interview umumnya adalah pertanyaan yang bisa dijawab dengan mudah namun seringkali gugup dalam menjawab. Maka dari itu perlunya persiapan yang matang sebelum melakukan interview, misalnya berlatih di depan cermin, mencari referensi di internet dan berlatih wawancara dengan orang yang lebih profesional.

Nah, interview HR dengan interview User, ternyata memiliki fokus yang berbeda sehingga pertanyaan yang diajukan pun berbeda-beda. Karena itu perlu adanya latihan yang lebih sering dan belajar dari kesalahan.

Mock Interview by Kerjago bisa bantu menemani kamu untuk berlatih dan mempersiapkan proses rekrutmenmu. Yuk cobain fitur Kerjago di sini.

Source

Citra, A. (2022, March 7). Pengertian Magang atau Internship dan Seluk-Beluknya yang Perlu Kamu Ketahui. Prosple Indonesia; Prosple Indonesia. https://id.prosple.com/career-planning/pengertian-magang-atau-internship-dan-seluk-beluknya-yang-perlu-kamu-ketahui

Afiya Nadhifa. (2022, April 4). 5 Manfaat Psikotes dalam Proses Rekrutmen Karyawan Baru - Benefits. Benefits Blog. https://www.benefitsapp.id/halo/psikotes/manfaat-psikotes-dalam-rekrutmen/#:~:text=Pada dasarnya psikotes adalah untuk,mengetahui pengertian dan manfaat psikotes.

Logo Kerjago

Kerjago adalah sebuah platform yang dikembangkan untuk membantu pengguna dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja.

Blog & Artikel

GmailWhatsappInstagramInstagramInstagramInstagram

Β© 2023 Kerjago All rights reserved.