Generasi Gigih
3 Program Studi Independen Kampus Merdeka untuk Berkembang di Industri Teknologi
Tuesday, October 25, 2022

Halo SobatGo! Kamu masih bingung sama jalan karir yang ingin diambil untuk terjun di industri teknologi? Pas banget nih. Program Studi Independen Kampus Merdeka yang dibangun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dapat memfasilitasi keinginanmu belajar dan terjung langsung dari profesional atau expert di industri teknologi yang kamu inginkan, lho. Program ini dibangun dengan dasar Merdeka Belajar dimana pelajar dapat belajar di luar pendidikan formal. Jadi, pengalaman yang kamu dapatkan bukan sekadar teori, tetapi juga praktis yang benar-benar terjadi di industri.

Saat ini sudah terdapat 122 perusahaan dan 100+ jenis pembelajaran yang ada pada program Studi Independen Kampus Merdeka. Tapi, ada dua program yang stand out dan dikenal oleh kalangan IT developer. Selain itu juga program-program ini bisa menjadi nilai plus untuk ditambahkan di CV atau resume kalian. Yuk kita kenali program-program itu.

  1. Bangkit

Program Bangkit merupakan program belajar yang dibangun bersama oleh start-up ternama Google, Goto, Traveloka. Mereka memiliki misi untuk membangun talenta-talenta digital Indonesia untuk membantu pertumbuhan digital yang ada di Indonesia. Program ini dilaksanakan selama 6 bulan yang terbagi menjadi 3 learning path: Machine Learning, Mobile Development, dan Cloud Computing.

Per tahun 2022 Bangkit menjalani programnya dengan menggunakan Bahasa Inggris secara penuh. Sehingga, pada program Bangkit tidak hanya mempelajari technical skills yang dibutuhkan. Tetapi ada pelajaran tambahan seperti soft skills yang dibutuhkan di industri teknologi dan juga english session yang sangat berguna untuk kalian yang ingin berkarir di luar negeri.

Setelah lulus dari program ini pun kalian bisa mendapatkan voucher untuk melakukan sertifikasi berstandar internasional dari learning path yang kalian ambil. Hal lain, kita bisa mengikuti program bernama Career Fair yang dilaksanakan satu tahun sekali. Program tersebut memberikan kalian peluang untuk dapat apply secara khusus di perusahaan ternama yang terafiliasi.

Ehem… sepengalaman MinGo yang pernah masuk ke program ini, kegiatannya sendiri sangat seru! MinGo jadi belajar banyak hal, bisa kenalan sama orang-orang ternama di industri tidak hanya di dalam negeri tetapi di luar negeri juga. Recommended pokoknya

  1. Generasi Gigih

Generasi Gigih (Gigih) merupakan program dibangun oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa yang merupakan bagian dari Goto. Program Gigih ini sendiri memiliki program belajar yang terbagi menjadi tiga macam: Jalur Backend Engineer, Jalur Frontend Engineer, dan Jalur Data Analyst.

Program Gigih pun memiliki cara pembelajaran yang serupa dengan Bangkit, dimana kita tidak hanya diajarkan technical skills tapi juga diajarkan soft skills dan juga Bahasa Inggris. Proyek akhir program ini pun terbagi menjadi dua, yaitu untuk top 50 pada masing-masing program belajar berkesempatan untuk magang; dan yang lainnya dapat membuat produk yang pada akhirnya akan dipresentasikan.

Salah satu teman MinGo sangat merasakan dirinya berkembang saat mengikuti program ini. Dia juga lebih tahu teknologi yang digunakan pada ruang lingkup aplikasi gojek dan tokopedia. Kerennya lagi dia berkesempatan magang yang bekerja sama dengan program ini. Keren deh

  1. Apple Developer Academy

Apple Academy merupakan program internasional yang digerakkan oleh Apple. Di Indonesia, program ini dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Universitas Bina Nusantara (Binus). Program yang diselenggarakan selama 10 bulan akan membangun skill-mu untuk belajar mengenali dan mendalami ekosistem yang dimiliki Apple. Ada banyak hal yang dipelajari selama mengikuti program ini dimulai dari dasar pemrograman hingga membuat suatu produk.

Cocok banget untuk kalian yang menyukai ekosistem Apple dan belajar untuk membuat produk dengan standar Apple. Karena pada program ini kalian akan mempelajari untuk membuat produk yang berstandar Apple. Mulai dari menemukan masalah, mendesain aplikasi, hingga membuat aplikasi hingga dapat digunakan pada ekosistem Apple.

Dengan ini semoga kalian bisa tau program apa yang bisa jadi nilai tambah untuk CV atau resume kalian. Tapi kalian juga harus bisa memanfaatkan nilai yang didapatkan dari belajar di program-program keren tersebut. Nah disini Kerjago siap membantu kalian untuk meningkatkan value tersebut. Dengan program CV Review yang telah kami sediakan, kalian bisa coba secara gratis untuk mengevaluasi CV kalian sebelum digunakan untuk apply di perusahaan yang kalian inginkan.

Yuk cobain fitur CV Review dari HR kece di Kerjago

Logo Kerjago

Kerjago adalah sebuah platform yang dikembangkan untuk membantu pengguna dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja.

Blog & Artikel

GmailWhatsappInstagramInstagramInstagramInstagram

© 2023 Kerjago All rights reserved.