arnold-francisca-f77Bh3inUpE-unsplash.jpg
Mau Jadi Seorang Ahli IT? Gini Loh Caranya
Sunday, September 11, 2022

Saat ini kebanyakan pekerja lebih mencari pekerjaan dan perusahaan yang mengaplikasikan sistem work from home atau work from anywhere. Pada kenyataannya, pekerjaan jenis ini didominasi oleh bidang IT daripada bidang lainnya karena peralatan atau tools pekerjaan bidang IT lebih fleksibel.

Apa kamu salah satu orang yang tertarik bekerja di bidang IT? Coba renungi beberapa hal ini:

Kriteria Cocok Dengan Bidang IT

Apabila kamu senang dalam mempelajari hal baru, tertarik dengan perkembangan teknologi, betah berlama-lama di depan komputer untuk memecahkan suatu masalah, mungkin itu dapat menjadi dasar kamu untuk belajar bidang IT. Dalam ilmu IT banyak sekali cabangnya seperti seorang data science, software engineer, devops engineer dan masih banyak lainnya.

Sekarang sudah merasa cocok banget dengan diri sendiri? Eits, tunggu, ada hal lain yang harus dipastikan terkait kemampuan dirimu.

1. Ketahui kemampuan diri

Mengetahui kemampuan diri ini sangat penting, dimana saat memasuki dunia IT menjadikan kemampuanmu menjadi sebagai dasar untuk memperdalam bidang IT yang akan dituju.

Contoh karakter dan role yang mungkin untuk dicoba :

  • Visual, Design : UI/UX Design, Frontend Engineer, Mobile Engineer, UI Engineer
  • Teliti, Suka Berlogika : Backend Engineer, Database Engineer
  • Intuitif : Data Science

2. Cari mentor atau teman untuk bertanya

Mentor atau teman yang memahami dunia IT bahkan kalau bisa langsung ke orang yang bekerja memang dibidang IT. Hal ini menjadikan kamu dapat bertanya secara langsung kebutuhan pasar seperti apa yang sedang dicari dan dibutuhkan oleh pasar perusahaan. Selain bertanya terkait kebutuhan diperusahaannya, bisa juga bertanya terkait learning path pada mentor atau temanmu saat memasuki dunia IT. Bahkan mentor atau teman dapat menjadi tempatmu untuk mengevaluasi hasil belajar.

3. Cari course atau bootcamp

Kemampuan diri dan Mentor yang dapat ditanya kurang lengkap rasanya kalau tidak diimbangin dengan belajar. Saat ini sudah banyak sekali bertebaran course gratis mulai dari Dicoding, DQlab, freeCodeCamp, Youtube, dan masih banyak platform lain. Course atau bootcamp akan membantu dalam pola pikir urutan mempelajari suatu ilmu secara singkat, sehingga materi yang dibuat akan lebih mudah dipelajari.

4. Coba buat project

Nah, setelah tahu kemampuan serta mendapatkan dukungan dari mentor dan teman, seusai belajar dari course atau bootcamp cobalah untuk membuat suatu project dari ilmu yang telah di pelajari dari bidang IT. Hal ini dapat melatih daya ingat selama masa belajar dan menyesuaikan diri dengan bidang IT yang kamu pilih. Misalkan menjadi seorang Software Engineer, coba buatlah suatu website menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Atau ingin menjadi seorang UI/UX Designer, buatlah sebuah design portofolio.

Sudah, itu ajakah, MinGo? Tentu saja nggak, SobatGo. Nantikan, ya, fitur terbaru Kerjago untuk mengetahui potensimu di dunia kerja.

Kulik-kulik Kerjago di:

Logo Kerjago

Kerjago adalah sebuah platform yang dikembangkan untuk membantu pengguna dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja.

Blog & Artikel

GmailWhatsappInstagramInstagramInstagramInstagram

Β© 2023 Kerjago All rights reserved.