Kenapa CV Itu Sangat Penting?.jpeg
Kenapa CV Itu Sangat Penting??
Tuesday, July 26, 2022

Halo Sobat Mingoo, Selamat datang di blog`s kerjago ya, semoga kamu mendapatkan ilmu dan wawasan baru terkait dunia pekerjaan saat ini. Jangan lupa ya kunjungi website kami disini!

Apa itu CV?

Resume atau CV (Curriculum Vitae) adalah dokumen yang berisi resume, riwayat pekerjaan, dan informasi pribadi Anda. Resume biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan yang memuat berbagai informasi seperti pengalaman kerja, keterampilan/kemampuan, dan latar belakang pendidikan. Selain itu, Anda dapat membuat daftar pencapaian yang berbeda seperti seminar, penghargaan karir / akademi, akreditasi, kursus, dan lainnya.

Apa fungsi dari CV?

Fungsi dari CV untuk meyakinkan atasan Anda bahwa Anda memiliki keterampilan yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Resume ini cocok untuk lulusan baru dan siapa saja yang ingin pindah dari pekerjaan sebelumnya ke bidang lain.

CV juga merupakan sebuah pintu gerbang utama dalam sebuah proses recruitment, karena Human Resource, Talent Aqusition atau Managerial dapat mengenali kita pertama kali dari CV yang kita buat.

Mingo Qoutes “CV adalah pedang pertamaku dalam menembus proses lamaran suatu pekerjaan.”

Namun hal ini sering dijumpai bahwa orang - orang menuliskan CV-nya tidak sesiap mungkin. karena kurang paham atau bingung dalam menuliskan CV yang baik, karena memang tidak adanya aturan khusus atau paten dalam menuliskan CV. Bisa juga dibilang kalau CV merupakan tempat orang menuangkan kreatifitas dalam penulisan data diri untuk diberikan kepada pihak perusahaan, akademisi, bisnis dan masih banyak lainnya.

Minimal Bagian CV Menurut Mingo

Jadi dikonten kali ini mingo mau spill, bagian bagian dari CV yang mungkin jangan sampai terlewat.

  • Indentitas diri (nama)
  • Informasi kontak (email, no telp, whatsapp)
  • Riwayat Pengalaman (organisasi, magang, part time, kerja, sosial ,dsb.)
  • Informasi Kemampuan (softskills dan hardskills)
  • Informasi Penghargaan
  • Informasi Sertifikasi (Bootcamp)

Masih belum yakin sama CV yang kamu punya ? Yuk jangan lupa coba fitur CV Review by Kerjago.

Halo Sobat Mingo terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca blog post dari mingo admin yaaa!!! nantikan konten seru lainnya di

  • Instagram - @kerjago.id
  • Tiktok - @kerjago
  • Website - https://kerjago.id

Source

Gulman Azkiya and Ruangguru Tech Team (2021). Penting! Perbedaan CV dan Resume: Pengertian, Jumlah Halaman, dan Tujuannya. [online] Skillacademy.com. Available at: https://blog.skillacademy.com/perbedaan-cv-dan-resume [Accessed 24 Jul. 2022].

WageIndicator subsite collection. (2022). Curriculum Vitae / Resume Yang Efektif dan Menarik. [online] Available at: https://gajimu.com/tips-karir/kiat-pekerja/curriculum-vitae-resume-yang-efektif-dan-menarik#:~:text=Fungsinya%20adalah%20untuk%20meyakinkan%20pemberi,berbeda%20dengan%20bidang%20kerjanya%20dulu. [Accessed 24 Jul. 2022].

Logo Kerjago

Kerjago adalah sebuah platform yang dikembangkan untuk membantu pengguna dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja.

Blog & Artikel

GmailWhatsappInstagramInstagramInstagramInstagram

© 2023 Kerjago All rights reserved.