african-american-applicant-holding-resume-job-interview-close-up-view.jpg
CV ATS vs Creative Beserta Contoh
Sunday, September 11, 2022

SobatGo, kerasa nggak sih akhir-akhir ini semakin banyak pencari kerja yang merekomendasikan jenis CV yang tepat untuk posisi tertentu? Entah itu CV ATS atau Kreatif. SobatGo sendiri, apa sudah tau gimana wujud nyata kedua jenis CV itu?

Yuk cari tau perbedaan keduanya langsung dari contohnya.

1. CV ATS

CV ATS Friendly merupakan CV yang secara otomatis dapat disortir melalui sebuah aplikasi yang disebut ATS (Applicant tracking system). ATS merupakan sebuah software yang digunakan oleh perusahaan untuk membantu proses rekrutmen.

CV ATS identik dengan sebuah format yang sederhana (hanya tulisan dan tanda pendukung seperti bullets dan list). Ciri-ciri dari CV ATS biasanya meliputi penjelasan dibawah ini:

  1. Jenis huruf yang standar (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil)
  2. Warna yang tidak terlalu ramai atau mencolok (hitam & putih)
  3. Menggunakan bahasa inggris dalam penulisan CV (agar mudah diparsing oleh Software ATS )
  4. Memperhatikan kata kunci pekerjaan yang akan diapply (misalkan software engineer: MySQL, Project Management, dst)
  5. Menjelaskan secara detail namun tidak perlu bertele-tele pada pengalaman bekerja, project atau organisasi.

Contoh CV ATS:

2. CV Creative

Berdasakran riset dari situs University of Oxford, CV kreatif merupakan CV yang tampilannya menarik dengan warna. CV ini lebih memancing HRD karena tampilannya menarik serta informatif.

Oleh karena itu, CV kreatif cocok digunakan saat digunakan untuk melamar pekerjaan atau magang posisi yang membutuhkan skill kreativitas seperti desain grafis, ilustrator, fotografer, konten kreator, dan sejenis lainnya yang terkait dengan dunia kreatif. Ciri-ciri dari CV Creative sebagai berikut:

  1. Jenis huruf biasanya bervariatif
  2. Warna yang tidak terlalu ramai namun biasanya berwarna (tidak hitam putih)
  3. Cenderung untuk dibuat untuk melambangkan kreatifitas seseorang (misalkan teknik memadukan warna)
  4. Lebih fokus pada sebuah project personal / output project dari pengalaman yang telah dialami.

Contoh CV Creative:

217_Ui_designer_resume_design_template.jpg

Gimana? Sudah makin kebayanglah, yaa, bedanya kedua CV itu. Jangan lupa diaplikasikan, ya. Klau kamu merasa ragu, Kerjago siap membantu mereview CV-mu.

Persiapkan diri lebih baik untuk terjun di dunia kerja bersama Kerjago:

Source

Rizal Setyo Nugroho (2022). 10 Cara Bikin CV ATS Friendly, Perbesar Peluang agar Dilirik HRD Halaman all - Kompas.com. [online] KOMPAS.com. Available at: https://www.kompas.com/tren/read/2022/06/15/210000865/10-cara-bikin-cv-ats-friendly-perbesar-peluang-agar-dilirik-hrd?page=all#:~:text=CV%20ATS%20Friendly%20merupakan%20CV,perusahaan%20untuk%20membantu%20proses%20rekrutmen. [Accessed 1 Aug. 2022].

Rezi (2022). 15 of The Best ATS Resume Examples in 2022. [online] Rezi.ai. Available at: https://www.rezi.ai/posts/ats-resume-examples [Accessed 1 Aug. 2022].

Serafica Gischa (2022). Perbedaan CV ATS dengan CV Kreatif Halaman all - Kompas.com. [online] KOMPAS.com. Available at: https://www.kompas.com/skola/read/2022/04/20/160000469/perbedaan-cv-ats-dengan-cv-kreatif?page=all#:~:text=ATS%20atau%20Applicant%20Tracking%20System,corak%20warna%20dengan%20kesan%20elegan. [Accessed 1 Aug. 2022].

Logo Kerjago

Kerjago adalah sebuah platform yang dikembangkan untuk membantu pengguna dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja.

Blog & Artikel

GmailWhatsappInstagramInstagramInstagramInstagram

© 2023 Kerjago All rights reserved.