linkedin-sales-solutions-6ie6OjshvWg-unsplash.jpg
5 Pertanyaan Saat Interview dan Cara Menjawabnya - Episode 1
Thursday, October 6, 2022

Interview merupakan tahap yang mendebarkan dalam suatu proses hiring atau rekrutmen. Interview dibagi menjadi beberapa jenis, tapi pada umumnya terdapat dua jenis interview, yaitu User Interview dan HR Interview. Di Episode 1 ini MinGo bakal spill 5 pertanyaan umum saat interview.

1. Coba ceritakan tentang diri kamu!

Pertanyaan ini biasanya pasti ditanyakan oleh HRD saat interview dengan calon kandidat perusahaan. Mungkin terdengar mudah untuk dijawab, tapi memasuki ruang interview bisa membuat kita grogi dan membuat kita tidak maksimal saat menjawab pertanyaan ataupun bertanya ke interviewer.

Melalui pertanyaan ini, HRD akan mencoba memahami atau mengerti karakter kepribadian seseorang serta pola pikirnya. Mulailah dengan salam, perkenalan dengan pembukaan agar terlihat sopan.

Dalam menceritakan tentang diri kamu coba gunakan metode past-present-future dengan keterkaitan role yang kamu lamar.

Past: Ceritakan kejadian di masa lampau terkait pengalaman singkat yang menjadikanmu berada di posisi saat ini

Present: Hasil dari masa lalu yang menjadikan dirimu ada di posisi sekarang

Future: Dengan kejadian masa lalu dan sekarang, kedepannya kamu akan menjadi pribadi yang seperti apa?

2. Kenapa kamu tertarik pada posisi ini?

Pertanyaan ini sebenarnya dapat dijawab dengan kamu mengenal value perusahaan dan membaca job description dari pekerjaan tersebut. Selain itu kamu juga dapat menceritakan terkait perjalananmu untuk sampai di posisi yang sedang kamu lamar. Namun, juga harus ditambahkan dengan teori-teori teknikal yang mendukung pengalamanmu untuk berada di posisi ini.

Misalnya menjawab dengan menceritakan pengalaman di waktu kuliah pernah magang pada posisi IT Support dan ternyata di sana kamu banyak mengeksplore diri kamu.

Kamu juga bisa mencari tahu mengenai reputasi perusahaan yang membuatmu tertarik bergabung melalui glassdoor atau fomo.

3. Ceritakan tentang masa ketika kamu berada di situasi yang sulit!

Pertanyaan ini cukup tricky karena HRD ingin tahu bagaimana kamu menghadapi tantangan dan menyelesaikan masalah. Namun, hal ini sebenarnya dapat kamu atasi dengan menjawab sesuai pengalamanmu. Kamu dapat menceritakan pengalaman yang paling menantang yang pernah kamu hadapi dan ceritakan apa yang kamu lakukan, siapa saja orang yang kamu bantu, dan apa saja hasilnya. Ingat, pengalaman ini harus selinear dengan pekerjaan yang kamu lamar.

4. Jelaskan skill yang kamu miliki untuk mendukung pekerjaan ini!

Lagi-lagi kamu harus melihat job description karena dengan begitu kamu akan tahu kebutuhan perusahaan. Setelah itu, ceritakan pengalamanmu selama menggunakan tools yang sesuai dengan job description dan job requirement. Kamu bisa menceritakan proses belajarmu dan tentu saja hasil yang kamu dapatkan.

5. Apa yang kamu cari di perusahaan ini?

Pertanyaan ini sebenarnya dapat HRD gunakan untuk mengetahaui ekspektasi kamu keperusahaan itu akan terpenuhi atau tidak dalam waktu dekat. Dimana pertanyaan ini mengambarkan kamu merasa bahagia dan bangga saat melakukan hal yang seperti apa.

Cara menjawab pertanyaan ini sebenarnya mudah karena kamu cukup menjawab dari hati agar lega dengan harapan HRD paham sebesar apa ekspektasi kamu ke perusahaan. Namun jangan sampai dalam menjawab pertanyaan ini menjadikan diri kamu sombong hhe.

Cari satu contoh saat kamu merasa sulit dan ceritakan kembali hal tersebut. Misalnya sulit dalam mempelajari suatu ilmu sehingga kamu memutuskan mengikuti course atau belajar ke teman dan bergabung ke perusahaan membuatmu dapat berkembang lebih baik.

SobatGo, sudah siap cari kerja? Terus bersama kami untuk mengoptimalkan dirimu di dunia kerja.

Source:

Ahmad (2022).Β 20+ Pertanyaan Saat Interview Kerja dan Cara Menjawabnya. [online] Best Seller Gramedia. Available at: https://www.gramedia.com/best-seller/pertanyaan-saat-interview-kerja/ [Accessed 29 Aug. 2022].

Logo Kerjago

Kerjago adalah sebuah platform yang dikembangkan untuk membantu pengguna dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja.

Blog & Artikel

GmailWhatsappInstagramInstagramInstagramInstagram

Β© 2023 Kerjago All rights reserved.