Cara Menjawab Pertanyaan Aneh Saat Interview
Thursday, May 16, 2024

Halo SobatGo, kamu pernah denger nggak sih kalo pertanyaan interview itu sering nggak terduga, bahkan sampe aneh lho, SobatGo. Hiii, serem yaaa..

But, anyway, kamu nggak perlu khawatir, karena MinGo kali ini bakal spill pertanyaan aneh yang nggak jarang ditanyakan. Lah, terus cara menjawabnya gimana dong, SobatGo??? Tenang MinGo punya tipsnya nih. Yuk, disimak!

1. "Kamu sudah punya pacar belom?"

Pertanyaan ini MinGo saranin untuk tidak usah dijawab secara detil ya SobatGo. Ada dua kemungkinan, bisa jadi Interviewer ingin tahu lebih masa depan kamu bagaimana dan nantinya apakah kamu ada rencana menikah lalu mempunyai anak.

Tapi bisa jadi mengarah ke hal yang lain yang justru tidak ada kaitannya dengan pekerjaan. MinGo saranin pastikan terlebih dahulu tujuan pertanyaan ini apa. Kamu bisa tanyakan lebih dalam dengan sopan dan santun alasan pertanyaan ini. Jika dari interviewer tidak mendapatkan jawaban yang jelas. Skip aja deh 🀭

2. "Kamu nggak ada niatan cari pekerjaan yang lebih santai?"

Ini juga bisa jadi pertanyaan jebakan buat kamu. Ingat ya SobatGo, jika kamu sudah mendedikasikan diri dengan datang untuk wawancara kerja.

Pastikan kamu terlihat super antusias dengan job vacancy tersebut. So, simple aja, kamu bisa jawab, "Untuk saat ini, saya memang sedang berkeinginan memegang tanggung jawab di posisi ini pak/bu". Jadi nggak perlu bingung, Sobat! 😁

3. "Kamu kapan nikah nih?"

Pertanyaan ini nggak jah beda dengan poin pertama. Nah, kita harus positive thinking dulu SobatGo. Bisa jadi pertanyaan ini menjadi penentu dalam hubungan kerja kamu dengan perusahaan kedepannya. Tidak jarang banyak pekerjaan yang memperhatikan hal ini, khususnya keinginan untuk memiliki anak.

Untuk kamu para pencari lapangan kerja khususnya perempuan, nggak perlu minder kok. Masih banyak loh lapangan kerja yang terbuka untuk wanita. MinGo kasih tips deh. Coba cari perusahaan yang bergerak di bidang kewanitaan, bisa berupa perusahaan kosmetik, skincare, jasa, dll.

4. "Sudah berapa lama menganggur?"

Pertanyaan ini memang terkesan menyinggung. Namun, kamu bisa mencuri perhatian loh dari si Interviewer.

SobatGo bisa jelasin kegiatan kamu selama mencari kerja. Coba elaborasi kegiatan kamu yang terkesan nggak penting menjadi terdenger Wahh πŸ’–βœ¨βœ¨

Contohnya bisa berupa melakukan journaling, ikut webinar, cari info seputar lowongan kerja, bantu usaha teman, dan masih banyak lagi. Intinya pede dulu aja, Sobat!

Intinya kita nggak boleh negative thinking dulu ya dengan Interviewer atau HRD nya. Jangan lupa untuk pastikan terlebih dahulu sebelum menjawab pertanyaannya. Semangat!

Logo Kerjago

Kerjago adalah sebuah platform yang dikembangkan untuk membantu pengguna dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja.

Blog & Artikel

GmailWhatsappInstagramInstagramInstagramInstagram

Β© 2023 Kerjago All rights reserved.