CPNS, BUMN, atau Korporat?
Thursday, May 30, 2024

Halo SobatGo! Buat kamu para pemburu loker mungkin nggak bakal asing dengan 3 kata dari judul tersebut. Terus, kita harus baiknya milih CPNS, BUMN, atau jadi Budak Korporat ya MinGo?

Well, sebenarnya ketiga lapangan pekerjaan tersebut tidak ada yang buruk atau lebih baik juga loh Sobat. Loh kok bisa? Sini MinGo bahas satu satu!

1. CPNS

Calon Pegawai Negeri Sipil (disingkat CPNS) adalah status yang diberikan pemerintah kepada orang-orang yang dianggap siap menjadi pegawai negeri sipil di Indonesia. Hal yang unik dari CPNS ini adalah benefit-nya. Hal yang paling umum adalah penghasilan tetap dan tunjangan pensiun.

Berbeda dengan karyawan swasta atau pegawai korporat yang penghasilannya ditentukan oleh kondisi industri dan performa perusahaan, penghasilan PNS cenderung stabil, Sobat.

Sebagai timbal balik pengabdian PNS terhadap negara, negara juga menjamin kelangsungan hidup para PNS secara ekonomi saat PNS tersebut memasuki masa pensiun.

Meskipun semisalnya, seorang PNS sudah tidak aktif melayani masyarakat, pemerintah tetap akan memberikan gaji bulanan bagi para pensiunan PNS, sesuai dengan ketentuan undang-undang loh. Bahkan, istri dari pensiunan PNS laki-laki tetap akan mendapatkan dana pensiun dari suaminya setelah suaminya meninggal.

Namun, di balik itu pasti ada kekurangannya, SobatGo. Meskipun PNS menikmati kestabilan pekerjaan, gaji yang diberikan biasanya tidak sebanding dengan tugas dan tanggung jawab yang mereka emban.

2. BUMN

Tidak berbeda jauh dengan CPNS, BUMN juga memiliki manfaat yang hampir sama. Bahkan, gaji BUMN disinyalir lebih tinggi daripada CPNS. Eitss, di balik gaji yang tinggi tersebut pasti ada tekanan kerja yang cukup tinggi ya, SobatGo.

Dilansir dari CNBC, gaji per bulan untuk level staf saja bisa mencapai Rp. 8.000.000 dan bahkan jika masuk melalui jalur Management Trainee (MT), kamu akan menerima gaji dengan kisaran Rp. 7.000.000 - Rp. 8.000.000.

Untuk benefit lainnya tidak begitu berbeda jauh dengan CPNS.

3. Korporat

Pekerja korporat biasanya tidak mendapatkan benefit seperti pegawai PNS dan BUMN lainnya. Gaji seorang pegawai korporat tidak tetap dan tunjangan yang tidak sama dengan CPNS serta BUMN.

Namun, bekerja di korporat biasanya memiliki fasilitas kerja yang baik, skill profesional yang semakin terasah, dan sistem kerja yang teratur.

Baik PNS, BUMN, dan Korporat sebenarnya sama-sama keren kok. Jika kamu lebih menyukai pekerjaan yang stabil, terstruktur, dan mengedepankan pengabdian pada negara, maka PNS bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun, jika kamu lebih tertarik pada tantangan, lingkungan kerja yang dinamis, dan berpeluang mendapatkan gaji yang lebih tinggi, maka BUMN dan Korporat bisa menjadi pilihan yang menarik.

Logo Kerjago

Kerjago adalah sebuah platform yang dikembangkan untuk membantu pengguna dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja.

Blog & Artikel

GmailWhatsappInstagramInstagramInstagramInstagram

Β© 2023 Kerjago All rights reserved.